apa itu seo

Sudahkah Anda tahu apa itu SEO? Bagi sebagian orang istilah yang satu ini mungkin terdengar asing. Namun, bagi sebagian orang yang lain, SEO merupakan satu istilah penting dalam dunia digital marketing.

Jika Anda adalah seorang pengusaha dan tengah menggalakkan bisnis secara online baik melalui sosial media ataupun website. Maka SEO adalah salah satu komponen yang perlu diperhatikan keberadaannya.

Nah, bagi Anda yang saat ini masih awam dengan istilah SEO dan tak tahu bagaimana cara memulainya. Tak perlu khawatir, karena pada artikel berikut ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai definisi SEO serta perannya dalam digital marketing atau pemasaran digital.

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization atau yang lebih sering disebut dengan SEO merupakan istilah yang merujuk pada aktivitas mengoptimasi sebuah situs web guna mendapatkan ranking pertama di halaman pencarian search engine seperti Google, Bing, Yahoo! dan lain-lain.

Tujuan dari optimasi SEO ini adalah menggaet lebih banyak trafik pengunjung harian di website. Dengan demikian, jika website tersebut digunakan untuk berjualan sebuah produk atau jasa, maka kemungkinan untuk terjadi transaksi pembelian akan jauh lebih besar.

Selain itu, SEO juga memungkinkan Anda menjangkau target pasar yang lebih spesifik. Sehingga, aktivitas optimasi yang Anda lakukan tidak akan pernah sia-sia.

Nah, untuk mencapai hasil tersebut tentu saja diperlukan usaha yang tak mudah. Terlebih dahulu Anda harus memahami cara kerja SEO hingga algoritma mesin pencari agar strategi yang Anda gunakan efektif menghasilkan penjualan.

Jenis-jenis SEO yang Perlu Diketahui

Anda telah membaca definisi singkat mengenai apa itu SEO di atas. Selanjutnya, kami akan mengajak Anda untuk membahas lebih dalam tentang SEO itu sendiri. 

Perlu diketahui bahwa SEO memiliki 2 jenis yang harus dioptimasi secara beriringan. Berikut adalah kedua jenis SEO tersebut:

1. SEO on Page

Sesuai namanya, SEO on Page merupakan jenis optimasi yang dilakukan dari dalam sebuah situs web. Ini mencakup keseluruhan desain tampilan yang digunakan, biasanya harus responsif terhadap berbagai macam perangkat. Selain itu, permalink dan konten yang diunggah dalam website juga menjadi salah satu strategi optimasi SEO on Page.

2. SEO off Page

Selanjutnya ada SEO off Page yang merupakan kebalikannya. Pada jenis SEO yang satu ini, optimasi dilakukan secara eksternal atau dari luar website. Misalnya, mencari atau menyebar backlink agar mesin pencari menganggap bahwa situs Anda adalah situs yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Anda bisa mengajak kerjasama pemilik blog lain untuk memasang link Anda di website mereka. Atau dengan membuat banyak konten di blog terbuka seperti Kompasiana, Medium dan lain-lain.

Nah, kedua jenis SEO tersebut harus dioptimasi secara berimbang. Artinya, Anda harus mengoptimalkan keduanya jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Perlu diingat bahwa SEO bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan dalam sekali proses. Anda harus terus mengembangkannya dan menjaga konsistensi optimasi yang dilakukan agar website Anda tetap berada di halaman satu pencarian.

Peran Penting SEO untuk Pemasaran Digital

Anda tentu tidak akan mau melakukan suatu hal jika tidak membuahkan hasil, bukan? Nah, dengan mengoptimasikan SEO di website Anda, ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Beberapa di antaranya telah kami sebutkan di atas. Nah, berikut kami jelaskan kembali mengenai manfaat SEO bagi digital marketing sebuah bisnis.

1. Meningkatkan brand awareness

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tujuan SEO adalah menaikkan ranking website Anda dalam mesin pencari. Agar saat orang mencari sebuah produk maka yang disarankan adalah website bisnis Anda. Dengan demikian, ketika situs web tersebut berada di halaman satu pencarian maka potensi untuk di-klik oleh pengguna internet semakin tinggi.

Semakin banyak orang yang mengunjungi situs web milik bisnis Anda. Maka semakin banyak pula orang yang mengetahui keberadaan bisnis serta produk yang Anda jual. Selain itu, perlu diketahui bahwa sebuah website bisa diakses siapapun dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri sekali pun. So, pengoptimasian SEO ini akan sangat baik jika diterapkan terlebih jika Anda menyasar pangsa pasar online.

2. Meningkatkan penjualan

Sudah pasti ketika banyak orang yang mengunjungi situs web bisnis Anda, maka akan semakin besar potensi mereka untuk melakukan pembelian. Terlebih jika situs web tersebut memiliki tampilan yang profesional, elegan dan responsif. Ini akan menumbuhkan nilai plus tersendiri di pandangan orang-orang. Jadi pastikan desain UI/UX blog Anda catchy dan mudah dipahami, ya.

3. Meningkatkan kredibilitas usaha

Yup, memiliki blog atau website menandakan bahwa pemilik usaha tersebut sangat bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnisnya. Sehingga, ketika sebuah produk atau usaha kecil memiliki website yang profesional maka akan meningkatkan kredibilitas usaha mereka dan calon konsumen pun akan lebih percaya.

Jika Anda belum memiliki website bisnis yang profesional. Maka segeralah buat dari sekarang. Tak perlu dana besar untuk mewujudkan situs web profesional bagi sebuah bisnis. Dengan LooqCreative, Anda bisa merealisasikan website profesional bagi bisnis Anda dengan harga yang bersaing.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai apa itu SEO dan peran pentingnya dalam digital marketing. Sekali lagi, SEO bukanlah proses yang bisa dilakukan dalam sekali percobaan. Perlu ketekunan serta konsistensi yang tinggi untuk mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Selamat mencoba!

Related Post

Leave a Comment